Selasa, 03 Januari 2012

Profil Hercules C 130

indosiar.com, Jakarta - Pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara yang jatuh di Magetan, Jawa Timur dibuat di Amerika pada tahun 1953. TNI mulai menggunakan Hercules untuk pesawat angkut pertama kali pada tahun 1960. Berikut sekilas profil pesawat Hercules.
Pesawat Hercules diproduksi oleh pabrik pesawat Lockheed, Amerika Serikat (AS). Pesawat ini pertama kali terbang pada 23 Agustus 1953 atau hampir 55 tahun lalu. Hercules diposisikan menggantikan pesawat angkut Dakota C-47 yang legendaris diawal perjuangan revolusi.
Pesawat Hercules C 130 ini termasuk pesawat yang banyak digunakan dibanyak negara, khususnya sebagai pesawat angkut militer. Keunggulan utama pesawat Hercules adalah kemampuannya melakukan lepas landas dan mendarat dalam kondisi lintasan yang relatif pendek.
Tipikal ini cocok sekali dengan Indonesia yang memiliki banyak lapangan udara type perintis. Pesawat Hercules mampu mengangkut pasukan hingga 128 orang dengan awak pesawat mencapai 9 orang. Pesawat Hercules bisa terbang hingga ketinggian 32 ribu kaki dengan lama terbang sampai 9 jam.
Kecepatan maksimal selama terbang bisa mencapai 335 knot. Indonesia sendiri mulai menggunakan pesawat Hercules pada tahun 1960. Jumlah Hercules yang dimiliki Indonesia sampai saat ini ada sekitar 27 unit yang umumnya dari generasi awal C 130 A dan C 130 B.
Jumlah itu terakhir dibagi dalam skuadron yakni Skuadron 31 yang berkedudukan di Lanud Abdulrahman Saleh Malang dan Skudron 32 yang berpangkalan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta. (Tim Liputan/Sup)

Sumber : Indosiar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar